Apa Sih Faktor Penentu Kelulusan CPNS??

Salah satu pekerjaan yang masih saja banyak diminati masyarakat Indonesia adalah Pegawai Negeri Sipil. Alasannya tentu sudah dapat diduga, selain gaji tetap tiap bulan, fasilitas serta tunjangan yang akan diterima, masih ada lagi jaminan uang pensiun. Belum lagi fasilitas aneka kredit yang ditawarkan. Siapa yang tidak tergiur dengan itu semua apalagi dalam kondisi sekarang yang serba tidak pasti.

Dari alasan itulah mengapa jumlah peserta tes CPNS selalu membludak.. Sehingga bisa dipastikan prosentase kelulusan sangat kecil. Hanya sedikit saja yang lulus daripada yang berhasil. Nah banyaknya yang tidak lulus itulah muncul dugaan-dugaan praktik tidak terpuji. Seperti praktik suap-menyuap demi meloloskan dengan tarif sekian puluh juta.. Entah bagaimana membuktikannya saia juga tidak tahu.  Mungkin KPK yang mampu melakukan.

Hal ini saya dapatkan setelah gelaran tes CPNS diumumkan hasilnya  kemarin, muncul komentar-komentar yang menarik untuk dibahas disini. Berikut adalah kutipan status FB Teman Saya (nama dirahasiakan) :

Dari obrolan beberapa temen…ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan lolos tes CPNS
1. Benar-benar menguasai materi tes
2. Faktor keberuntungan ( asal jawab soal, ternyata bener )
3. Peluang yang sangat besar ( butuh 7 formasi, yang daftar 8 orang ) ^_^
4. Faktor X ( tau sendiri lah….)

Lalu sebenarnya bagaimana?? Oke mari kita bicarakan satu persatu…. Lets Go!

Poin pertama, ini memang bener-bener pinter. Butuh kecerdasan dari lahir kayaknya. Tetapi kalo merasa tidak ada cerdas bawaan bisa juga dilatih. Bisa dengan banyak membaca, pahami materi tes, mengerjakan koleksi latihan soal, atau ada juga lembaga yang mengadakan bimbingan tes atau semacamnya. Ingat tidak ada yang instan disini… Jadi lupakan pola belajar SKS.

Poin kedua, hanya sedikit orang yang diberikan keberuntungan semacam ini. Mungkin namanya Untung, Slamet, atau emang biasa menang lotre dia. Orang seperti ini bakal jadi masalah pas kerja nanti. Kalau anda bisa membuka internet jauhi yang kedua ini, karena saia yakin anda cocok jadi yang pertama.

Poin ketiga, peluang yang sangat besar. Sangat mungkin terjadi, terutama di daerah luar pulau jawa. Maaf bukan bermaksud sara. Tetapi ini terjadi sama teman saia, yang sekarang mengajar di Kalimantan tepatnya Amuntai. Bahkan sekarang sudah mengajak temannya dan berhasil lolos juga. Bagaimana tidak, jumlah formasi lebih banyak dari pendaftar.  Yo wess asal lolos administrasi artinya lolos seleksi!

Poin keempat, faktor X. Dalam hal ini X bisa diartikan positif atau negatif.  Positifnya X itu berupa berkah doa orang tua dan rezeki dari Yang Kuasa. Sebesar apapun usaha kita pasti ada faktor diluar kemampuan manusia yang lebih berkuasa. Sedangkan negatifnya bisa berupa bantuan oknum dengan imbalan sejumlah uang pelicin.

Tetapi yang dimaksud temen saia dalam statusnya adalah yang terakhir (negatif). Karena sudah seperti rahasia umum adanya penawaran semacam itu dari para oknum. Walaupun saia sendiri tidak terlalu percaya tetapi tidak ada salahnya semua waspada. Alhamdulillah saia dan keluarga yang diterima CPNS melalui proses seleksi yang wajar.  Mengeluarkan uang hanya untuk membeli prangko dan beberapa lembar materai di kantor pos saja tidak ada yang lainnya.

Sedikit share pendapat saja dari saia.  Silahkan share pendapat saudara.. Semoga berguna..

 

Tag:, ,

About LintangSelatan

Hanya orang biasa yang terus belajar dan mencoba memperbaiki diri...

5 responses to “Apa Sih Faktor Penentu Kelulusan CPNS??”

  1. cidtux says :

    klo di daerah DKI sepertinya udah mulai berkurang walau cuma sedikit yang berkurang praktek suapnya😆

    klo di daerah lampung, kebetulan saya tahu orangnya… main gede2an duid untuk masuk PNS doang…

    tercatat beberapa orang yang saya ketahui pakai jasanya,,, minimal 40jt sampai 80jt, dan lucunya ada yang udah deal 60juta, dinaikin sampai 80juta masih manut aja… weleh2…

    tapi hasilnya mereka gak diterima, duid kembali sih, yang diterima yang paling gede duidnya…

    tapi ya begitulah… sudah mendarah daging dari jaman dulu.. susah dilenyapkan praktek tersebut…
    😀

  2. Neo says :

    Semoga semakin kesini makin sadar… Bahwa pekerjaan apapun itu harus yang halal dan berkah Om.. Mending jadi pedagang kalo punya uang puluhan juta gitu, buat modal jauh lebih punya kesempatan kaya daripada pegawai…🙂

  3. paijo says :

    nywun dongane mas.. ben kulo saged nututi mbak kulo.. *[-o< aminn..

  4. Neo says :

    Nggih Om..
    Dungo dinungo sedoyo, mugi kito tansah pinaringan rezki ingkang barokah..
    *benerajowone?*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: