Memilih dan memasang distro Linux buat Netbook: Archbang Vs Crunchbang…!

Pada saat melakukan pemilihan distro apa yang cocok buat netbuk saya coba mempelajari apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing distro. saya mencari berbagai artikel di internet, kemudian bertanya kepada pengguna yang  saya kenal.

Dari beberapa hal yang saya temukan dapat saya ambil kesimpulan sebagai berikut:

Tampilan

Kedua distro ini sama-sama menggunkan openbox sebagai desktop environmentnya. efeknya terasa ringan terutama untuk mesin sekelas netbuk. saia merasakan kecepatan yang signifikan ketika menggunakan ubuntu dengan gnome butuh waktu lama untuk booting maupun mbuka aplikasi. tetapi di cukup sekejap saja untuk melakukan hal yang sama.

Ini tampilan desktop Crunchbang cupu saia:

Instalasi os dan aplikasinya

instalasi pada archbang masih bersifat text based sedangkan crunchbang sudah pake GUI. begitu pula dengan penambahan paket archbang kudu lewat terminal. berbeda dengan crucnhbang yang sudah tersedia aplikasi synaptic, sehingga memudahkan pemasangan berbagai aplikasi. jadi tinggal klak-klik sana-sini tanpa perlu menghafal perintah …

Status distro

bisa dibilang saia salah informasi. awalnya saya mengira kedua distro ini rolling release, tapi ternyata archbanglah yang statusnya RR. namun hal ini tidak menjadi masalah karena sesuai dengan kondisi inet ane yang supersiput :malu. belakangan saia mendapat saran crunchbang bisa menjadi RR jika pindah repo pake testing atau unstable.. okelah kalo begitu, saia coba kalo ada kesempatan dan koneksi mumpuni.

Ini tampilan Archbang punya Bro Siho:

Last, silahkan dipilih sesuai selera dan kebutuhan masing-masing. linux itu bebas, jadi anda bebas memilih… monggo…

Tag:, , , , , ,

About LintangSelatan

Hanya orang biasa yang terus belajar dan mencoba memperbaiki diri...

5 responses to “Memilih dan memasang distro Linux buat Netbook: Archbang Vs Crunchbang…!”

  1. h1dr0X says :

    Wow,. ane dapet pertamaX ye?
    Jadi sekarang di netbook ente pake Crunchbang ya om?
    skrinsutnya donggg😀

  2. Neo says :

    Selamat dapat pertamax plus
    Yap Netbuknya pake Crunchbang, dkk. Skrinsut dah di FB.. Caranya masukin tautan ksana gmn ya, biar ga aplot lagi?

  3. h1dr0X says :

    nubi ijin jawab:
    #masuk ke gambar yg mau dipasang gambarnya di FB
    #klik kanan >> Copy Image Location
    #di post blog klik insert image >>paste link yg tadi di copy
    CMIIW😀

  4. ahdoy says :

    Saya baru menginstall crunchbang 11 di netbook eeepc saya. Tapi ada masalah di resolusi layarnya yang tidak bisa lebih dari 800X600. Kira-kira bung punya solusinya?

    Salam persahabatan,
    ahdoy.

Tinggalkan Balasan

