Tips Menjaga Tangki Motor Tidak Kemasukan Air

Gundah, resah, acara bubrah, motor batangan tiba-tiba mrebet dan akhirnya motor mogok. Jika anda mengalami hal yang sama dengan saia mungkin anda perlu mencoba tips yang saia kumpulkan dari berbagai sumber ini:

Jangan nyuci ditempat umum. Tukang cuci steam suka sembarangan pake nyemprot ke tutup tangki. Ingat biker sejati nyuci motornya sendiri… Bukan apa-apa memang itu wujud sayangnya sama motor. Yang laen ga boleh megang apalagi mandiin. wkwkwk..

Kalo jalan saat turun hujan beri jatah jas hujan buat nutupin tangki. Beli mantel khusus tangki (kalo ada).Tutup tangki ini memang rawan sekali bocor. Karet pelindung ini tidak sepenuhya sempurna sehingga tetep aja ada yang rembes..

Selalu beli bensin di SPBU terpercaya, jangan ngecer literan banyak yang ga murni. Trus kalopun di SpBU jangan beli ketika hujan. Takutnya ada air yang ikut masuk ke tangki, bisa mengakibatkan korosi, dsb…

Setelah isi bensin jangan posisikan kran pada posisi On, apalagi Off malah mampet sisan. Tetapi posisi Res atau cadangan. Jadi tidak ada bensin yang sempat mengendap dalam tangki. Resikonya memang tidak tahu kalo bensin tiba-tiba habis.. Untuk itu coba perhatikan indikator jangan sampe mentok bawah…

Periksakan secara rutin kandungan tangki kepada bidan bengkel terdekat. Barangkali sudah banyak kerak dan kotoran bercampur air mengendap di dalam tangki anda. Berapa bulan atau setahun sekali terserah. Saia juga belum tahu. Pokoknya jangan sampe mogok lagi dijalan..

Mungkin ini dulu tips yang saia kumpulkan. Silahkan dikoreksi atau mau menambahkan dikomeng saja… Monggoo….

Tag:, ,

About LintangSelatan

Hanya orang biasa yang terus belajar dan mencoba memperbaiki diri...

7 responses to “Tips Menjaga Tangki Motor Tidak Kemasukan Air”

  1. F4zR says :

    5 bulan pake kebo blum sekalipun mampir tukang cuci motor, apalagi dulu pas pake satria 7tahun ga pernah mampir ditempat pencucian motor, hehe…
    Prinsip ane: selama msih bsa dkerjain sendiri knapa hrs dkasih org lain (trmasuk buat service jga, kecuali ngabisin service gratisannya, hbs itu service sendiri).

    • Neo says :

      Biker sejati ente Bro… Ane ga tau mesin jadi ga brani nyervis sendiri… Takut mbongkar ga bisa masangnya hehe ;p

  2. Biker says :

    Setelah isi bensin jangan posisikan kran pada posisi On, apalagi Off malah mampet sisan. Tetapi posisi Res atau cadangan.
    ______________________________________________
    _____________________________________
    Mungkin maksudnya jngan posisikan di res tapi di on, pd nmp arah panah menunjuk ke posisi atas (on) bro. Nmp saya juga dari baru kran sudah diputar ke posisi on, dikasih tau sama teman mekanik, katanya biar kotoran ga ngendap di tanki & kebiasaan saya yng ngisi full jika bensin sudah setengh.

    • Neo says :

      Hmm koq kebalik yah… :bingung mana yang bener nih… Terakhir ma mekaniknya dibiarin posisi Res gitu Bro.. Mungkin ada bro yang bisa ngasih masukan??

  3. pengamat says :

    Sepertinya ke posisi res, jadi kotoran bisa langsung keluar.
    Coba cek disini.
    http://www.honda-tiger.or.id/forum/archive/setelan-kran-bensin-t2542.html

  4. yogieza says :

    kalau ingin tangkinya tetap bagus yaitu rajin kuras tangki 😀

  5. gana says :

    klo mekanik ane.. mlhan saranin di posisi On.. jd klo misal di posisi res.. nti air yg ada di tangky bisa ikut turun ke karbu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: