Pelajaran Moral Dari MotoGP Jerez 2011

Seri ke dua MotoGP 2011 Jerez Spanyol sudah kita lewatkan kemaren. Ane tidak akan memberi laporan hasil yang sudah banyak kita ketahui. Tetapi hanya sedikit mengambil pelajaran dari sana. Banyak kejadian unik yang membuat ane terkesan dengan balapan kemaren. Banyak pembalap yang ndolozor duluan sebelum mencapai garis finish.

Sing Sabar Sing Menang

Faktor trek basah menjadi alasan logis kenapa banyak yang pada ndlozor duluan.. Namun bukankah semua melewati trek yang sama, tetapi kenapa koq tidak semua jatuh? Kalo masalah trek mestinya jadi tugas pemimpin lomba yang mengingatkan, bahkan jika perlu dihentikan saja jika membahayakan.

Yapz pembalap yang ngotot didepan Stoner, Rossi, Simonceli, Spies, malah jatuh berguguran. Herannya duo spaniard yang sabar pelan-pelan ga panas ketika disalip sana-sini eee malah finish didepan! Nah kira-kira pelajaran moral apa aja nih yang bisa kita ambil dari balapan kemaren?

  1. Hati-hati kalo habis hujan . Lunyu Dab! Lorengzo aja sabar, pelan-pelan, alon-alon asal kelakon. Lha daripada kesusu ngebut eee malah ndolozor duluan. Apalagi kalo di Indonesia, jalanan abis ujan bukan licin lagi bisa kecebur kolam sampeyan… haha ;D
  2. Jika ingin menyalip jangan terlalu mepet apalagi dari kiri. Lho namanya balap ya begitu toh? Iya emang, tapi sepandai-pandai tupai melompat toh sesekali jatuh juga. Itu liat aja Rossi juara tujuh kali aja kalo pas kesusu nyalip kurang bisa njaga keseimbangan yoo jatuh. Nah beda dengan dijalan pasti jauh lebih berbahaya daripada di trek balapan beneran.
  3. Jangan terburu nafsu gas pol biarpun jalanan sepi. Ingat kondisi jalan selalu berubah. Simoncelli kurang apa, mesin kenceng, yang lain udah jauh dibelakang. Podium Pertamax sudah didepan mata. Lha koq jatuh, dia sih kayaknya kurang bisa ngontrol emosi. Coba aja jangan keburu nafsu, gas rem dengan tenang kayaknya beneran Podium Pertamax.Tentu semua tentu ingin berakhir dengan baik bukan?
  4. Segera minta maaf jika melakukan kesalahan. Pak De Rossi memberi contoh kemaren.Ketikaa melakukan kesalahan Pak De langsung meminta maaf sama Stoner. Bukanlah ksatria kalo tidak mau mengakui kesalahan dan meminta maaf. Sportivitas harus dijaga. Apalagi ketika dijalan emosi sedang panas-panasnya. Semua harus diselesaikan dengan kepala dingin.
  5. Bertingkahlah sopan di jalan. Kalo jatoh belum tentu langsung ditolong. Lho koq bisa? Ane juga heran kenapa kemaren pas Rossi jatoh ditabrak yang ditolong duluan Rossi bukan Stoner, gimana Stoner ga ngomel-ngomel. Rossi bisa ngacir lagi! Dalam realita kita, ketika terjadi kecelakaan lebih banyak yang nolong apa yang nonton? Jadi bertingkahlah sopan dijalan. Gara-gara tingkah yang sruntulan ga sopan? Jangan sampai ketika kita jatuh bukannya ditolong malah dibiarin gimana? Nah lo..

Nah buat kita sehari-hari riding itupun harus demikian. Liat-liat kondisi jalan, perhatikan kendaraan sekitar kalo mw nyalip trus jaga emosi saat berkendara. Keep Safety Riding….

Ok semoga berguna. Silahkan dtambah, atau dikoreksi. Dikomeng aja monggoo…

Tag:, , ,

About LintangSelatan

Hanya orang biasa yang terus belajar dan mencoba memperbaiki diri...

11 responses to “Pelajaran Moral Dari MotoGP Jerez 2011”

  1. yogieza says :

    hmm, naik motor resiko celakanya gede. nabung buat beli mobil ah, kalau hujan bisa nyambi ngedrift😀

  2. h1dr0X says :

    pertama apa ye?
    nice tips om😀

  3. cidtux says :

    jalan kaki tetep ndelozor… Sendal jepitnya gak safety…

  4. uname says :

    “Keinginanmu tadi jelas melebihi kemampuanmu (ingin menyalip)..”

    Stonet to Rossi😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: