Memasang Ekstensi Pengingat Waktu Sholat Pada Browser Chromium

Waktu terasa begitu cepat berlalu, sehingga kadang karena kita dikejar deadline tugas atau kerjaan sering harus lembur. Waktu sholatpun kadang menjadi tidak tepat waktu. Padahal selain tidak mendapat keutamaan, sholat jika tidak diawal waktu bisa jadi malah terlupakan.

Apalagi ketika didepan komputer dengan koneksi internet yang ngacir. Bisa lupa waktu beneran deh… Nah kali ini ane ingin membagi sedikit tips memasang aplikasi pengingat sholat pada browser kita. Ini bukan aplikasi tersendiri yang harus diinstal di komputer melainkan hanya sebuah ekstensi pada browser. Browser yang ane gunakan adalah Chromium. Cara ini juga dapat dipake oleh pengguna google chrome.

Pertama buka web browser chromium anda. kunjungi alamat https://chrome.google.com/extensions. Ketiklah Islamic pada kolom pencarian ekstensi google chrome. Kemudian tekan enter atau klik tombol search. Tunngu beberapa saat hingga tampil berbagai macam koleksi ekstensi Islami seperti tampilan berikut:

berbagai ekstensi Islami menarik

Pilihlah salah satu ekstensi PrayerTime, dalam hal ini saya memilih PrayOnTime yang dibuat oleh Majed Sahli. Metode penghitungan waktu sholat mengikuti http://www.IslamicFinder.com yang kerap menjadi rujukan berbagai aplikasi pengingat waktu sholat seperti Minbar, AlMuathen, dsb. Setelah halaman PrayOnTime terbuka tekan tombol Instal dan tunggu beberapa saat sampai ekstensi selesai diunduh.

Setelah ekstensi selesai diunduh maka akan muncul ikon pada bagian kanan atas browser seperti gambar Ka’bah. Lakukan konfigurasi dengan klik kanan pada ikon tersebut pilih options, kemudian akan muncul tab konfigurasi. Isikan nama kota anda, kemudian klik “Get Coordinate”. Longitude dan Latitude akan terisi otomatis. Geser ke bagian bawah mengganti timezone GMT +7 untuk Waktu Indonesia Barat..

Pada bagian calculation metode, silahkan pilih sesuai keyakinan anda. Madzhab yang dipakai Syafii, Maliki , Hambali atau Hanafi. Kita juga dapat memilih bahasa yang digunakan, ada bahasa Indonesia juga lho.. Jazakallah buat Mas Agus Hilman yang udah nerjemahin. Tekan tombol save di bagian bawah tab konfigurasi. Sekarang siap-siap apabila sudah tiba waktu sholat akan muncul tab baru berisi video adzan dari muadzin yang anda pilih.

Tab Baru Terbuka Menayangkan Video Adzan

Demikian sedikit yang bisa saya bagi. Semoga bermanfaat bagi kita semua… Amiin.

Tag:, , ,

About LintangSelatan

Hanya orang biasa yang terus belajar dan mencoba memperbaiki diri...

3 responses to “Memasang Ekstensi Pengingat Waktu Sholat Pada Browser Chromium”

  1. h1dr0X says :

    wow,.. info berguna.
    mantab, tapi gak pake krom., cari kaya gituan di pirpox ahh.

  2. Neo says :

    Selamat anda pertamax.. Silahkan gan, pirpok mungkin lebih lengkap😀

  3. yogieza says :

    segera saya cari tuh add onnya di iceweasel sama chromium

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: