Merubah Lay Out Keyboard Crunchbang Linux!

Sudah sebulan ga nulis apapun di blog cupu ini. Padahal ada saja yang nyasar mengunjungi blog ini. Sebagai tanggung jawab moral, perlu kiranya saya update ini blog. Oke kali ini saya mau memasukan catatan lama saya tentang merubah lay out keyboard pada Distro Linux Crunchbang!

Ada yang aneh ketika akan menulis alamat email pertama kali di desktop crunchbang. pasalnya saia selalu salah memasukan simbol @ yang biasa terletak bersama angka 2 berubah menjadi simbol ” (petik dua). Saya coba lakukan pemeriksaan dengan mencoba mencetin satu-persatu semua tombol di papan ketik sehingga dapat saya temukan simbol @ berada di tombol “. jadi kesimpulannya tertukar to. Trus gimana cara mengembalikkannya???

Saya coba main ke forum Crunch! ternyata disana sudah di sticky masalah ini. Memang enaknya maen linux ya itu banyak sekali sumber belajar di dunia maya.. Nah begini langkahnya:

buka terminal, ketikan sudo gedit /etc/default/keyboard

 akan tampil tulisan seperti ini:

# The following variables describe your keyboard and can have the same
# values as the XkbModel, XkbLayout, XkbVariant and XkbOptions options
# in /etc/X11/xorg.conf.
XKBMODEL="pc105"
XKBLAYOUT="gb"
XKBVARIANT=""
XKBOPTIONS=""
# If you don't want to use the XKB layout on the console, you can
# specify an alternative keymap.  Make sure it will be accessible
# before /usr is mounted.
# KMAP=/etc/console-setup/defkeymap.kmap.gz

Cari baris yang bertuliskan

XKBLAYOUT=”gb”

Rubahlah “gb” menjadi “us”

Simpan kemudian reboot Crunchbang anda. Setelah menyala kembali maka penulisan sudah kembali normal seperti pada papan ketik biasanya.

Okelah begini saja dulu posting kali ini. Sekedar catatan pengingat barangkali suatu saat membutuhkan. Yah semoga saja bermanfaat. Monggo dikomeng, barangkali mastah sekalian punya cara yang lebih mujarab…

Tag:, , , ,

About LintangSelatan

Hanya orang biasa yang terus belajar dan mencoba memperbaiki diri...

6 responses to “Merubah Lay Out Keyboard Crunchbang Linux!”

  1. bikinwebcn says :

    wuih, problem kita sama masbrooo… keren dah…😀

    ps…. gw copas tanda @ untuk masukin email di komment ini… wakakkakak punya gw masih ” belum restart neeh…

  2. Doke says :

    kalau di windows xp gimana caranya????

  3. ahdoy says :

    Tulisannya cukup membantu bung. Saya juga sadar kalau di crunchbang, tombol @ itu tertukar dengan “. Hanya saja, saya nggak paham membalikkannya. Dan sebelum tanya ke forum, saya googling dulu. Eh, untungnya nyasar di blog ini, haha.

  4. safrizal says :

    gan kalo di windows 7 giman ya soal nya saya ngalemin nih sekarang kombinasi antara SHIFT + 2 malah jadi kutip ” , tolong ya makasih

Tinggalkan Balasan

