Sosialisasi FOSS dan Perangkat Lunak Legal di Kabupaten Kebumen – Reportase Singkat

Pembicara Sesi 1 : Pancat - RAI Ageng - Amin N

Seperti saya sampaikan pada artikel sebelumnya, FOLK diundang dalam acara Sosialisasi FOSS dan Perangkat Lunak Legal di Kabupaten Kebumen. Seperti dugaan saya yang namanya sosialisasi tentu mengundang masa yang banyak. Dan benar memang bukan hanya 25 peserta seperti lampiran surat undangan yang diterima FOLK. Ada 150 peserta yang hadir mewakili berbagai Muspida, SKPD, Instansi Vertikal, Sekolah, dan Pers.

Acara ini diselenggarakan untuk mengingatkan kembali tentang Surat Edaran Menpan no SE/01/M.PAN/03/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS). Walaupun boleh dikatakan cukup terlambat akan tetapi masih ada waktu untuk melakukan perubahan. Setelah sebelumnya pada bulan Mei 2009 telah mengadakan TOT pemanfaatan FOSS.

Pada sesi pertama disampaikan materi tentang FOSS Pilihan Utama Software Legal oleh Bapak Pancat Setyantana dari Kemkominfo. Dijelaskan oleh beliau mengapa pemerintah harus menggunakan FOSS antara lain dapat menghemat biaya, menghemat devisa, membuka lapangan kerja, meningkatkan kreatifitas lokal, serta yang lebih penting adalah menjaga keamanan data dan bebas dari ketergantungan.

Dilanjutkan oleh Kepala Dinas Informkomtel R.A.I Ageng Sulistyo Handoko, S.I.P dengan materi tentang Kebijakan dan Pendekatan Penggunaan FOSS dan Perangkat Lunak Legal. Yang terakhir di sesi pertama adalah dari Kabag Hukum Setda Kebumen Bapak Amin Rahmanurrasjid, S.H, M.H dengan tema Legalitas Hukum Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal Sesuai UU Hak Cipta.

Acara yang dimoderatori oleh Mas Moh Natsir, SH ini cukup meriah dibuktikan dengan antusiasme audiens memberikan pertanyaan kepada narasumber. Seperti Bapak Budi dari SMA N 1 Gombong, menayakan kalau perlu migrasi FOSS ini dibuat seperti halnya konversi dari minyak tanah ke gas jadi benar-benar terlaksana. Bagaimana menurut anda..?

Pembicar Sesi Dua: Anggy, Yulianto dan Moderator Moh Natsir

Dilanjutkan sesi kedua setelah istirahat makan sholat oleh Tim FOSS Kebumen Bapak Yulianto, dengan tema FOSS untuk Rakyat. Dijelaskan oleh beliau bahwa masyarakat perlu menyadari bahwa komputer bukan hanya perangkat keras tetapi masih ada perangkat lunak dan pengguna. Kedua hal terakhir ini masih sering dilupakan, padahal inilah yang paling mahal. Nah FOSS mampu menekan biaya pembelian dan memaksimalkan pengembangan sumber daya manusia (brainware). Jadi masyarakat sangat diuntungkan dengan FOSS ini.

Anggy Nur Fadhilah aka. Nubitux

Pembicara terakhir adalah dari FOLK yang diwakili oleh Bapak Anggy Nur Fadhilah. Tampil disesi terakhir membuat bapak belum beranak ini (nikah aja belom) tampil beda. Dengan mengenakan kaos oblong debian beliau menyampaikan materi dengan energik dengan berdiri di atas panggung. Materi yang dibawakan adalah Perangkat Lunak Berpemilik. Mantapb gan… (applause)

Capek ngetik, dah malem juga nih. Sekian dulu reportasenya. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata, maklum baru belajar nulis. Berikut adalah kutipan status Fesbuk Arie Nugroho selaku Ketua FOLK: “Smoga ada hasil yg signifikan stlh tahap sosialisasi FOSS ini…Pejabat Pemkab terkait ayo contohin masyarakat menggunakan FOSS..jangan yg bajakan dong!!! Malu sama kabupaten lain yg udah Go Opensource…”. Silahkan sampaikan komentar dan saran anda untuk pegembangan FOSS. Semoga bermanfaat. Monggo dikomeng…

Bonus: Pemberian Doorprize…

Alhamdulillah dari FOLK berhak membawa pulang 3 buah doorprize. hihii

Malu-malu kenapa ya, adakah indikasi *ah*?? wkwkwk

Tag:, , ,

About LintangSelatan

Hanya orang biasa yang terus belajar dan mencoba memperbaiki diri...

11 responses to “Sosialisasi FOSS dan Perangkat Lunak Legal di Kabupaten Kebumen – Reportase Singkat”

  1. abetux says :

    wehehehehehe status FB ku mlebu ya pak guru…salut..salut reportasenya pak

  2. Agus Setiawan says :

    success untuk folk..
    terus majukan kebumen dg FOSS
    😀

  3. Rijal says :

    Mantep tenan Kang….
    hihiii… kang Anggy mesam-mesem bae yaa… :p

  4. 4rizzan says :

    Ayooooooooooo CEKEL KEPALAne supaya ngisore do MANUT

  5. Rido Sandi Atmanto says :

    aq malah ra melu,…
    hufttttt adhewwwwwwwwwwwwwwww

  6. cidtux says :

    yang ke empat malu-malu.. gimana gitu😆 seperti ada sesuatu😆,

    akhirnya penampakan nubitux.. kelihatan jelas…😆

  7. h1dr0X says :

    aku ra ana penampakane ya? wakakaka
    lumayan domblong… ulih snek, makan siang + amplop.
    wakaka…😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: