Merubah Repositori LinuxMint Debian ke Repo Lokal… :D

Setelah menggunakan Linux proses update Software pun berubah. Kalo pake windows nunggu kopian master program terbaru, bisa dari donlotan, ngopi temen ato bonus majalah komputer yang banyak beredar. Frekwensinya tidak begitu sering, setahun belum tentu ada upgrade.

Kali ini saya menggunakan LinuxMint Debian Edition, jadi mau tidak mau sering banget upgradenya. Katanya ini jenis Rolling Release distro, jadi setiap saat bisa dikatakan akan selalu terbaharui. Nah permasalahannya kalo internetnya bukan kelas dewa, tentu ini jadi permasalahan.

Untuk mengantisipasi ini salah satu solusinya adalah merubah repository ke repo lokal. Ada banyak repo lokal debian di Indonesia. Awalnya saya merubah ke KambingUI tapi setelah di apdet ada beberapa file yg tidak terdownload. Kemudian saya pindah ke RepoUGM alhamdulillah berhasil melakukan apgret. Selain tidak ada yang gagal, kecepatannya pun lebih kenceng. Mungkin ini pengaruh lokasi saya di pelosok Kebumen.

Adapun cara merubah repository adalah sebagai berikut:

buka terminal, ketikkan perintah

sudo gedit /etc/apt/source.list

Kemudian tambahkan repositori dari UGM ini ke dalam list tersebut.

deb http://repo.ugm.ac.id/debian testing main non-free contrib
deb-src http://repo.ugm.ac.id/debian testing main non-free contrib

untuk repo lain sebaiknya jangan dihapus, kalo tidak dipake lebih baik beri # pagar didepannya, sehingga kalo suatu saat akan dipake tinggal di buang # pagarnya:mrgreen:

Kalo sudah tinggal disimpan, tutup dan jalankan perintah apdetnya…

sudo apt-get update

sudo apt-get upgrade

Oke selanjutnya tinggal tunggu proses upgradenya, waktunya tergantung seberapa banyak aplikasi yang di upgrade…πŸ˜€

Tag:, , ,

About LintangSelatan

Hanya orang biasa yang terus belajar dan mencoba memperbaiki diri...

2 responses to “Merubah Repositori LinuxMint Debian ke Repo Lokal… :D”

  1. yogieza says :

    wew, ada debian user di sini. hormat GRAKKKK!!!!πŸ˜€
    btw screenshotnya saat proses ngoprek di atas mana y ah om?

  2. LintangSelatan says :

    nah itu dia master, ane lupa ambil skrinsutnya, termasuk nulis referensi dari blog master Yogieza :takuts:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: